Weekly Currency 14 Jan 2008

15 01 2008

Nilai tukar Yen tidak banyak mengalami perubahan terhadap USD dalam perdagangan minggu kemarin. Pada hari pertama perdagangan, Yen ditutup sedikit melemah pada level 109.2 dari level 108.6 pada penutupan hari Jumat minggu sebelumnya (4 Januari 2008). Pada hari perdagangan selanjutnya, Yen berfluktuasi hingga akhirnya ditutup pada level 108.9 di hari Jumat yang lalu (11 Januari 2008). Secara keseluruhan, Yen hanya melemah sebesar 0.2% dibandingkan penutupan minggu sebelumnya.

Yen tidak banyak berubah pada perdagngan minggu lalu dikarena terdapat sentimen negatif dan sentimen positif terhadap Yen pekan kemarin. Sentimen negatif muncul setelah gubernur Bank Sentral Jepang (BOJ), Toshihiko Fukui, diperkirakan akan memberi sinyal kepada pelaku pasar bahwa BOJ akan tetap mempertahankan suku bunga pada level saat ini, yaitu sebesar 0.5%. Hal ini membuat Jepang tetap sebagai negara dengan suku bunga terendah dibandingkan dengan negara-negara industri besar lainnya. Selain itu, investor Jepang juga banyak melakukan pembelian aset berdenominasi mata uang asing dengan imbal hasil besar ( high yield ), sehingga aktifitas carry trade meningkat. Sementara itu, sentimen positif terhadap Yen muncul setelah harga-harga saham di Asia mengalami penurunan akhir minggu lalu sehingga menimbulkan kekhawatiran di antara para investor yang memegang aset dengan imbal hasil tinggi (high yield ). Karena itu mereka mulai mengurangi aktifitas carry trade tersebut.

Untuk perdagangan minggu ini, nilai tukar Yen terhadap Dolar Amerika masih akan dipengaruhi oleh perkembangan data ekonomi terakhir baik di Jepang maupun Amerika. Data terakhir menunjukkan bahwa investor mulai meningkatkan kembali aktifitas carry trade setelah ada spekulasi bahwa the Fed akan menurunkan suku bunga kembali. Peningkatan aktifitas carry trade ini diperkirakan akan memberi tekanan terhadap Yen. Sementara itu, data terakhir di Amerika menunjukkan bahwa defisit neraca perdagangan Amerika meningkat lebih dari perkiraan sebelumnya pada bulan November 2007. Selain itu, data pendahuluan untuk tunjangan pengangguran di Amerika menunjukkan adanya penurunan klaim tunjangan pengangguran pada minggu pertama bulan Januari yaitu turun sebesar 15.000 menjadi 322.000. Jumlah ini merupakan jumlah terendah dalam dua bulan terakhir ini.

Dalam perdagangan minggu ini, sentimen negatif terhadap Yen maupun terhadap Dolar diperkirakan masih tetap ada. Para pelaku pasar masih berspekulasi bahwa the Fed akan menurunkan suku bunganya kembali. Namun aktifitas carry trade diperkirakan masih akan tetap berlangsung pekan ini,sehingga diperkirakan kedua sentimen tersebut akan sama kuatnya. Karena itu, Yen diperkirakan tidak akan banyak berubah dan akan bergerak di kisaran 108.0 – 110.0. Download Report


Actions

Information

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: